Wednesday 24 July 2013

Ragam Pilihan Kuliner Yang Diolah Dari Tepung Kanji

Jika selama ini, tepung hanya sebatas bahan untuk mengolah kue saja.Namun tepung pun dapat diolah menjadi penganan lain yang nikmat untuk dikonsumsi. Salah satunya pemakaian tepung kanji.

Berikut ini adalah beragam makanan yang dapat diolah dari tepung kanji, terlebih rasa tepung nya pun sangat terasa: 

Penganan ringan dari Jawa Barat ini diolah dengan cara menggoreng campuran adonan yang memakai bahan utama tepung sagu. Makanan ini begitu terkenal di wilayah Priangan dan dipasarkan dalam beragam bentuk dan aneka rasa. Jajanan cireng ini cukup populer sejak tahun 80an.

Jajanan lain dari Jawa Barat yang diolah dari tepung kanji ialah cilok, jika dalam Bahasa Sunda dikenal dengan aci. Tepung kanji yang kenyal dicampur dengan bumbu pelengkap seperti saus kacang, kecap, serta saus sambal. 

Bentuknya bulat-bulat layaknya bakso ada pula yang berisi telur atau cincang daging di dalamnya serta memiliki tekstur yang kenyal.


Kue Cenil terbuat dari pati ketela pohon. Kuliner ini dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak jika perlu bisa diberi tambahan warna sesuai selera sebelum di kukus. Jajanan Cenil biasanya dihidangkan dengan parutan kelapa serta taburan gula pasir.

Pempek adalah jajanan khas Palembang yang diolah dari ikan dan tepung sagu. Biasanya dihidangkan dengan saus cuka yang terbuat dari air serta tambahan rempah rempah dan gula merah,

Kue Pepe yang menjadi ciri khas Betawi atau lebih populer sebagai kue lapis. nya kenyal serta lembut. Cara mengolahnya memerlukan kesabaran yang tinggi sebab kue ini dikukus selapis demi selapis. Setelah lapisan pertama agak matang, lalu tambahkan lapisan kedua. Begitu seterusnya hingga 9 bahkan 10 lapisan. Penambahan luntuk apisan ini dilakukan setiap tujuh menit sekali.

No comments:

Post a Comment