Wednesday 3 July 2013

Kuliner Es Puter Khas Indonesia

Apakah anda termasuk dalam salah seorang yang menggemari kuliner es puter? Es yang kerap dijajakan di depan sekolah-sekolah ini mempunyai cita rasa yang khas dan enak. 

Harganyapun sangat terjangkau, sehingga semua lapisan masyarakat mampu untuk membelinya.

Tahukah Anda, ternyata es puter adalah jajanan es yang menjadi ciri khas Indonesia. Walaupun sederhana, kuliner es puter merupakan salah satu jajanan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia dan termasuk kekayaan kuliner di negeri ini. 

Walaupun mulanya berasal dari negeri Belanda, namun masyarakat Indonesia begitu kreatif mengolah es puter dalam versi yang lebih sesuai bagi lidah kita. Dijamin Anda tidak akan mendapatkan es ini di negara lain. 

Menurut pakar kuliner Bondan Winarno menyebut jika es puter sebagai es tradisional yang sudah menjadi tanda pengenal negara Indonesia. "Es puter hanya ada di Indonesia, tidak ada di negara lain. Saya kerap berkunjung ke Malaysia pun hanya menemukan penjual es potong, bukan es puter," ungkap Bondan yang ditemui dalam acara Festival Ice Cream Around The World, Jakarta.


Bondan kembali menjelaskan jika es puter sebenarnya merupakan perpaduan antara es krim yang sudah terkenal sejak zaman Belanda. "Masyarakat Indonesia ini kan lihay jika mengkombinasi beragam macam kuliner, termasuk es krim yang mulanya diolah dengan bahan susu, namun ini hanya mempergunakan santan," ungkapnya.

Bondan kembali menjelaskan, jika es puter juga mempunyai daya tarik yang tidak dimiliki es krim hasil karya luar negeri, seperti dalam tehnik pengolahan serta penyajian. "Es puter sudah begitu terkenal. 

Jika kita cermati, di setiap perhelatan apakah itu pesta pernikahan atau hajatan lainnya pasti selalu menyajikan kuliner  es puter dibandingkan es krim. Tehnik mengambilnya itu lebih asyik dibanding es krim yang sudah tersedia pada mangkuk-mangkuk kecil," paparnya.


No comments:

Post a Comment